Find Me on Facebook

Ibu Kandung Ibu Tiri

"Bun, Bunda ini ibu kandung atau ibu tiri sih ?"  
Hah! Saya yang lagi berdandan di depan cermin kaget dengan pertanyaan Syifa. Alis saya berkerut, saya  memandang Syifa sedikit takjub. Campur geli juga sih....

"Kok nanya gitu?"  tanya saya balik
"Nggak papa, Syifa memang pengen nanya dari kemarin" jawab Syifa santai sambil main game di Ipad. Ealaah.... tambah penasaran nih bunda.

"Ya ibu kandung dong... kan bunda yang ngelahirin Syifa, jadi bunda ini ibu kandungnya Syifa.  Memangnya Ibu tiri itu apa, hayo?" tanya saya agak penasaran, apa sih kira-kira makna ibu tiri buat Syifa yang masih 5 tahun ini.

"Ibu yang suka marah-marah" kata Syifa 

what...? jadi maksudnya? 
wah...jangan-jangan Syifa ragu saya ibu kandung atau ibu tiri karena saya suka marah-marah yaa....xixi  :p

"Lho, memangnya bunda suka marah-marah ya? "
"Nggak siiih....." kata Syifa dengan ekpresi lucu sambil sedikit senyum

Ahhh...Syifa bikin bunda kaget aja deh. Hehe...

Eh.. tapi setelah dipikir-pikir, sebenarnya saya nggak begitu heran juga sih Syifa nanya gitu, soalnya selama ini saya sendiri kan yang suka becanda soal ibu tiri, yaituu..... kalau mbak dirumah lagi pulang kampung. Saya pasti iseng bilang ke Harsya Syifa gini (sambil pasang setelan muka di galak2 in, tolak pinggang ala ibu tiri dan suara dibuat-buat ala drama) : 

"Hmmmm......sekarang dirumah nggak ada mbak yaa..... nggak ada yang nyapu, ngepel, masak. Jangan sampe rumah berantakan dan bikin bunda capek yaa.....tau kan kalo nggak ada mbak bunda jadi apa? 

"Jadi ibu tiriiii" kata mereka serempak sambil cekikikan trus lari dari kejaran saya yang pura-pura kewalahan ngejar mereka. Hihihii..  iseng banget kaan.....

Nah, kebetulan salah satu mbak nya Syifa minggu lalu pulang kampung! Jadi nggak heran kan kalo tiba-tiba Syifa nanya begitu.. mungkin dia heran kok kali ini bunda nggak ngomel-ngomel yaaa....(sttt....iya, soalnya masih ada mbak satunya lagi)  Hahaha....! Bunda juga sih iseng, jadi deeh diragukan sebagai ibu kandung sama Syifa....wallaahhh....nggak lagi lagi ah becandaan pake kalimat ibu tiri, kapok! xixi :p
*****
p.s: untuk menghindari salah persepsi, saya sudah menjelaskan pada Syifa arti ibu tiri yang sebenarnya, yaitu ibu pengganti, misalnya bila ibu kandung kita meninggal dunia, atau bila seorang ayah menikah lagi. contohnya neneknya Syifa (ibu mertua saya) yang ibu kandungnya meninggal dunia sejak beliau berusia 5 tahun memiliki ibu tiri karena kemudian ayahnya menikah lagi. Biasanya ibu tiri yang akan mengasuh kita, menggantikan ibu kandung yang sudah tiada (walaupun sbnrnya dalam kasus ibu mertua saya, dia diasuh oleh tantenya). Jadi ibu tiri itu bukan ibu yang jahat sama anaknya (ini sempat Syifa jawab pas saya tanya lbh lanjut, dia jawab "ibu tiri itu ibu yang jahat sama anaknya"). Dan Harsya bilang "Ibu tiri yang jahat itu hanya ada di sinetron-sinetron Syifaaa...." . Yah well sepertinya penjelasan seperti itu cukup yah buat anak seusia mereka ya :-)  I hope so

14 komentar:

  1. Hihi..Kaka Syifa lucu deh..
    ketauan ya Bunda nya suka marah2..
    Si Bunda juga Lucu, pake drama ala ibu tiri..

    *Bunda Olive mah masih kelas 3 SD*

    BalasHapus
    Balasan
    1. hihi...jadi malu niih...ketahuan bawel and suka ngomel deehh :p

      Hapus
  2. haha...bunda sihhhh.....isenggggg.....ati2 loh bun....seumur Syifa tuh lg banyak pengen tahu loooo

    BalasHapus
    Balasan
    1. hahaha...iya yah..iseng bgt yaa....xixi

      Hapus
  3. Hehehe... bocah yang cerdas. Itu bukan berarti pertanyaan serius, melainkan Syifa bertanya apakah Bunda-nya hari itu sedang memposisikan diri sebagai ibu tiri yang dianggap super galak atau gak...

    Tetap semangat! d^_^b Namanya juga anak-anak. Mereka lugu dan polos apa adanya. :-) Yihaa!

    Take care of yourself, Anty Reham.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ah,,yaa....betul juga. rasanya sih memang seperti itu...Syifa sedang konfirmasi, sekarang bunda lagi jadi ibu tiri apa ibu kandung ya....soalnya mbak kan lagi pulang.Tapi kok blm ada pengumuman ya dari bunda hehehe....

      Hapus
  4. Syifa ada2 aja dech, walau suka marah2 Bunda kan tetap yang terbaik sedunia, hehee...

    Jadi Mbaknya yang satu sedang pulkam ya Mbak, semoga segera datang ya ^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha...betul Yunda, bunda tetap terbaik sedunia....Amiiinn hehe

      Hapus
  5. wah, saya mah mikir ibu saya ibu kandung atau ibu tiri setelah saya SMA, malah sempet mikir kalo saya anak pungut :D

    BalasHapus
  6. wallaaahh...? bisa sampe segitunya yaah? hehe Milla ada2 aja

    BalasHapus
  7. jadi ingat waktu kecil suka ditakut-takuti ibu kandung dgn "ibu tiri"

    di masyarakat persepsi ibu tiri memang jelek, padahal kan aslinya ga selalu begitu, banyak loh ibu tiri yang baik hati :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehehe....sbnrnya saya gak dlm konteks nakut2in sih...tapi lbh murni becanda dan iseng aja, tapi setuju bgt tuh ibu tiri yang baik hati itu pasti banyak bangeet.... ;-) semoga gak ada yg tersinggung ya baca tulisan saya ini, karena ini cuma sedikit petikan pembicaraan saya sama syifa yg menggelitik menurut saya.

      Hapus
  8. He..he..
    Itu adalah teguran keras dari seorang anak. Supaya kita bisa introspeksi diri. Ada kata-kata yang seharusnya nggak perlu di ucapkan pada seorang anak.
    Sekarang harus lebih hati-hati dalam berucap kawan he..he..
    (#hanya masukan)
    Semoga anak sama mamanya bisa harmonis dan bisa menjadi sahabat yang baik.

    BalasHapus
  9. Hehe...jadi nggak enak saya, jadi beneran dianggap ibu yg galak dan suka marah2 nih kyknya hiks hiks.....hehe, pdhl aslinya saya itu jarang marah lhoo, Saya dan Syifa itu harmonis banget alhamdulilaah. Malah Syifa cenderung sangat manja sama saya. Bisa dibilang she knows me so well lah. we're best friend. Jadi saya rasa dia tau kok saya cuma becanda waktu berakting jd ibu tiri.

    Tapi saya setuju kalau acting saya itu salah, krn Syifa blm tau ibu tiri dlm arti yg sebenarnya. Ya, dgn pertanyaan dia itu, menyadarkan saya seharusnya saya jg menjelaskan apa arti ibu tiri sesungguhnya. agar nggak terbentuk konsep dlm diri dia bahwa ibu tiri itu ibu yg suka marah2. Tapi saya sdh jelaskan ke dia kalau ibu tiri itu bukan ibu yang suka marah2. Tapi ibu pengganti bila ayah menikah lagi. Dan nggak ada hubungan dengan ibu yg suka marah2 :-)

    sekali lagi, saya berharap semoga tidak ada kaum ibu atau siapapun yg tersinggung baca tulisan saya ini yaa.. amiiinnn...

    BalasHapus

buat yang udah baca, kirim komentar anda disini ya...jangan lupa tuliskan nama :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Recent Posts