Find Me on Facebook

Hari Yang Ditunggu tunggu

Setelah dilanda stress dan bingung mengambil keputusan sejak beberapa bulan lalu, akhirnya hari yang ditunggu-tunggu tiba. 

Hari operasi angkat pen Harsya. 

Dari beberapa bulan lalu nggak sabar rasanya pengen hari ini cepat tiba, dan juga cepat berlalu. Pfiuuh..... melihat Harsya keluar dari ruang operasi dalam keadaan sadar, hilang semua beban yang disimpan selama ini.

Sebenarnya pengen posting pas masa-masa galau, stress and sedikit panik minggu lalu. Tapi udah lewat juga ... jadi percuma dong di tulis ulang hehe, cuma pengen cerita sedikit disini ya

Sejak selesai proses fisioterapi paska operasi tangan Harsya yang patah dan dipasang pen July 2011 lalu (baca ceritanya disini), dokter sudah info operasi angkat pen bisa dimulai kapan saja. Waktu itu konsul terakhir bulan Agustus hasilnya baik. Tapi karena September-December jadwal training saya padat, dan Harsya juga pasti disibukkan ujian tengah dan akhir semester, maka saya jadwalkan operasi angkat pen Harsya saat minggu tenang awal2 sekolah, waktu yang pas Januari 2012 ini. 

Sebenarnya operasinya sendiri kata dokter tidak sesulit yang pertama kok, lha iya wong cuma cabut pen saja (walaupun tetap aja operasi ya judulnya hehe), bahkan sebenarnya 1 hari saja Harsya sudah boleh pulang. Tapi....... yang bikin stress dan bingung itu sebenarnya karena masalah keloidnya Harsya ini lho....  Iya, ternyata Harsya ada bakat keloid  nih... lumayan besar dan tebel juga sekitar 10 cm.. Setelah konsul ke dokter and dikasih salep kok ya nggak banyak pengaruhnya ya, bahkan malahan kayaknya gak ada ngaruh2nya sama sekali deh :-(

Hm...sebenarnya sih Harsyanya cuek aja lho dengan keloidnya ini, iya namanya juga masih anak-anak yah. Cuma bundanya ngebayangin nanti kalau dia ABG takutnya mulai minder deh... apalagi Harsya kan cita-citanya jadi ABRI, nah lho bisa terganjal nanti pas tes penerimaan gara2 keloidnya nongol gitu (btw sebenarnya kalau pernah patah tangan apa masih bisa masuk ABRI ya?) Ah.... yang penting usaha dulu yah..  

"Sttt... ngomong-ngomong soal cita-cita Harsya, sebenarnya Bunda nggak pengen Harsya jadi ABRI sih... takut bakal deg-deg an terus kalau nanti Harsya pergi bertugas ke medan perang. Malah sebenarnya cita-cita awalnya Harsya itu jadi Polisi, tapi bunda lebih nggak kepengen lagi kalau Harsya jadi polisi, tapi namanya cita-cita ya di dukung aja dulu, jangan dihalang-halangi dan dipatahkan, takutnya nanti Harsya jadi kurang percaya diri dan  mandiri, ya nggak? Toh siapa tahu nanti cita-cita nya berubah begitu dia beranjak dewasa.. "
Ayah dan semua pamannya juga sering ngomong sambil bercanda "Harsya nanti kalau sudah besar jadi ABRI ya seperti nek'ayah (kakeknya) dan papa rajo (pamannya)", mungkin karena badannya yang bongsor dan tegap ya. Harsya nya sendiri dulu kalau ditanya kenapa mau jadi ABRI, katanya "soalnya disuruh ayah bunda..." lho? hehe..

Seiring waktu berjalan, sekarang cita-cita Harsya jadi ABRI sudah mantap, nggak pake bilang disuruh ayah bunda lagi :-) plus sekarang nambah satu cita-cita lagi yaitu jadi pemain bola. Hehe...

Nah demi mendukung cita-cita ini, keloid harus dibuat semulus mungkin, juga biar anak bunda nanti nggak minder kalau pakai baju lengan pendek :-)

Dokter Bedah Ortopedinya sudah OK, keloid bisa diangkat dengan cara 'diseset' dan kemudian dijahit kembali pada saat operasi angkat pen nanti. Setelah itu langsung konsul ke dr. kulit untuk mencegah keloidnya muncul kembali. Walaupun ini tidak menjamin keloid tidak akan kembali lagi, tapi cara itu bisa dicoba. Sebenarnya ada cara lain yaitu disuntik dengan suntikan anti keloid. Tapi kata teman-teman yang sudah pernah mencoba suntik keloid itu sakiitt bangeett.... wah, Harsya bisa menjerit-jerit kesakitan pasti. Kasian ah!
Gara-gara urusan keloid ini bunda jadi sedikit nggak mantap nih. bingung. ragu-ragu. Mau diseset saat operasi angkat pen, atau disuntik keloid aja ya pas dewasa nanti? Kalau diseset jangan-jangan keloidnya jadi tambah lebar nanti? Atau disuntik anti keloidnya pas operasi aja dalam keadaan Harsya dibius? ah tapi apakah aman ya suntik keloid buat anak-seusia Harsya? duh... bingung tingkat dewa deh pokoknya!
*****
Rencana operasi tanggal 23 Januari.
Mundur karena dokternya ternyata nggak bisa kalau long weekend... hmm antara sedikit lega juga. Dokter menyarankan operasi hari Jumat jadi tidak terlalu banyak waktu sekolah bolos dan kebetulan juga bunda hanya perlu cuti 1 hari.

Jumat tanggal 27 Januari batal.
Karena belum sempat  konsul ke dokter kulit soal keloid Apalagi kata sempai (guru) karatenya, tgl 5 Feb Harsya akan ujian kenaikan tingkat sabuk karate. Hm...nanti kondisi tangannya belum pulih benar lagi... dan kebetulan juga minggu itu Harsya, Syifa dan bunda demam flu berjamaah, anak-anak sampai nggak masuk sekolah selama seminggu. 

Jumat tanggal 3 Februari. 
Ya nggak bisa karena tanggal 5 Feb kan Harsya ujian kenaikan sabuk Karate..

Jumat tanggal 10 februari.
Juga nggak bisa karena bunda rencana training ke Jakarta tgl 13-14 nya (walopun akhirnya batal dan ditunda ke tanggal 20 -23 Feb).  

Nah..kalo Jumat tanggal 17 Februari gimana? 
Hehe... lebih nggak bisa lagi, karena tanggal 18 Februari nya Syifa ultah. Kasian Syifa kalau ulang tahunnya nggak dirayakan :-) Lagipula hari minggunya Bundajuga rencana berangkat ke Jakarta.

Jumat tanggal 24 februari aja kalo gitu? 
Yah.., Bunda kan masih otw pulang training dari Jakarta, jadi nggak bisa dong.. (tapi akhirnya ternyata trainingnya bunda batal ikut juga)

walaah...binguuung kan...?

Akhirnya... bunda putuskan Jumat tanggal 2 Maret 2012 saat yang paling tepat. Gak bisa ditunda lagi. Karena minggu depannya bunda sudah akan training lagi dan 2 minggu kemudian giliran Harsya yang mulai Ujian Tengah Semester (UTS).

OK... tinggal persiapan mental  dan cari info detail soal keloid.


Selasa tanggal 28 februari konsul ke dokter kulit. 
Alhamdulilah dokter say "OK" seset aja sekalian operasi angkat pen. No problem. Nanti konsul seminggu setelahnya. Kalau suntik anti keloid itu dilakukan untuk mengempiskan keloid yang menonjol, sedangkan kalau keloid sudah diseset/diangkat saat operasi, cukup oleskan salep saja. Nanya juga ke teman-teman milis soal keloid dan suntik anti keloid, nanya juga ke teman-teman BB Group, banyak sekali masukan dan bahkan beberapa berhasil menghilangkan keloid bekas caesar pada operasi ke2. Ada yang disuntik juga anti keloid sekalian saat operasi, ada juga yang saat usia 6 tahun pernah disuntik anti keloid. Nanya juga ke dokter spesialis bedah yang menangani ayah dulu,  nanya ke teman SMA yang suaminya dokter bedah plastik. Banyak masukan, intinya angkat keloid sekalian operasi is worth to try

Ah senang bangeett.....akhirnya mantap menjalani operasi angkat pen plus angkat keloid nya juga. Bismillaaahh.... Tinggal menunggu Hari "H" Jumat tanggal 2 Maret 2012.  


Berhubung udah cukup panjang dan capek ngetiknya, cerita operasi nya menyusul di postingan berikutnya yaa...  :-)

Salam,
CMR

14 komentar:

  1. Alhamdulillah akhirnya datang juga hari itu ya Mbak ;)

    Semoga semuanya lancar dan ditunggu kisah berikutnya ya Mbak ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya Yunda, Alhamdulilah akhirnya jadi juga operasinya Harsya. Lega banget :-) kisah berikutnya segera Yunda :-)

      Hapus
  2. Semoga Harsya baik-baik saja dan semua lancar ya Bu ...

    BTW ...
    dulu waktu saya kelas 4 SD juga pernah dioperasi patah tulang. sebetulnya bukan patah tulang ... cuma siku saja yang menyambung tak sempurna gara-gara jatuh dari sepeda ...
    di bius ... lalu dibetulkan ... tapi tanpa di"bedah"

    Salam saya Bu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulilah operasinya lancar om Nh.. Wah ternyata pernah jatuh dari sepeda juga ya? Untung nggak sampai dioperasi ya om. Harsya kmrn patahnya di dekat siku juga. Dan harus dibedah. Makasih udah mampir ya..

      Hapus
  3. Wah.... lama juga ya dilanda galau dan stres, mbak. Terus bagaimana hasil operasinya? Sukses dg gilang gemilang kan? Alhamdulillah...
    Semoga kelak cita2 Harsya (utk jadi tentara atau apa saja lainnya) terwujud...
    Masalah keloid memang mengganggu banget mbak... Maklum banget kalau setiap Ibu risau akan hal itu, padahal si anak masih cuek aja... hehehe

    BalasHapus
  4. Hmm... masih up to date koq posting-nya. gak begitu telat.

    Akhirnya tiba juga ya waktu yang ditunggu-tunggu. Operasi angkat pen. Udah lewat toh?

    Ya keloid itu memang mengganggu secara estetika. aku punya keloid di lengan kiri. Jarang ada yang tau karena aku selalu pakai baju lengan panjang atau jaket. Gara-garanya dulu menabrak pohon waktu mengendarai motor. Menabrak pohon setelah menghindari mobil dari depan yang ngebut di tikungan. Dari semua dokter yang diminta konsultansi, dokter spesialis kulit yang tepat. Ada juga salep dari MLM yang bisa mencegah keloid. Cukup mahal harganya. Tapi aku dulu udah telat diberitahunya.

    Ya gak apa-apalah. Harsya jadi TNI. Keren dan gagah. :-) aku aja nyesel dulu gak coba daftar ABRI. Pengennya masuk AL atau AU waktu itu. Sekarang sudah berlalu.

    Atau Harsya jadi dokter bedah saja. Supaya bisa jadi tim relawan PBB atau PMI di medan perang. Hehehe... :-)

    Kalau punya bakat sih, mending Harsya jadi pemain tenis atau golf. Bisa bebas mandiri keliling dunia ikut turnamen. :-)Tetap semangat, Harsya! d^_^b

    Take care, Anty Reham.

    BalasHapus
  5. menyimak, trus operasiny gimana tuh mba, belum dah kelar lum?

    BalasHapus
  6. semoga semauanya baik-baik saja ya mbak..
    nice post..

    salam
    Revolusi Galau

    BalasHapus
  7. Alow mbak.. belum update lagi ya?
    Apa kabar? Bagaimana harsya hari ini?

    BalasHapus
  8. saya juga lagi bolak balik ngurusin adik mau oprasi lutut bunda, sudah bolak balik dua bulan gak sampe sampe

    BalasHapus
  9. sukses dan semoga lancar ya mbak operasinya....
    :)
    laki harus jd jagoan...

    BalasHapus
  10. Alhamdulillah..., semua dapat berjalan dengan lancar ya, Mbak....

    BalasHapus
  11. aku baru lihat koloid hasil googling, ternyata seram2 yah

    *waktu sholat mengikuti siklus matahari terbit, tapi kalau pakai orang indonesia bagian barat (jawa/sumatra) diminta pemerintah pakai waktu WITA artinya orang indonesia yg di zona barat indonesia waktu sholat akan nambah satu jam

    karena itu kalau sekarang di jakarta sholat subuh pukul 4.40 maka kalau pakai WITA sholat subuh akan mulai pukul 5.40

    BalasHapus

buat yang udah baca, kirim komentar anda disini ya...jangan lupa tuliskan nama :-)

Related Posts Plugin for WordPress, Blogger...

Recent Posts